Selasa, 20 Maret 2012

Sekilas Mengenai Kisi-Kisi UN SMP 2012 yang diambil dari website Kemendikbud


1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
  • Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
  • Menentukan persamaan isi berita.
  • Menentukan perbedaan penyajian berita.
  • Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
  • Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
  • Menyimpulkan isi paragraf.
  • Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
  • Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
  • Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
  • Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
  • Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
  • Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
  • Menulis pesan singkat sesuai konteks.
  • Menulis laporan/pengumuman/resensi.
  • Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
  • Menulis rangkuman.
  • Menulis teks berita sesuai konteks Menulis slogan sesuai konteks.
  • Menulis iklan sesuai konteks.
  • Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
  • Menulis teks pidato.
  • Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
  • Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
  • Melengkapi pantun.
  • Melengkapi puisi.
  • Melengkapi naskah drama.

2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation.
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu /informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
  • Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
  • Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
  • Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
  • Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
  • Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.
 3. MATEMATIKA SMP/MTs
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
  • Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
  • Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
  • Menyelesaikan masalah menggunakan teorema Pythagoras.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garisgaris istimewa pada segitiga.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
  • Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
  • Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
  • Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari
  • Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
  • Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
  • Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
  • Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum
    Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub kutub yang dihasilkan.
  • Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
  • Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia
    dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
  • Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
  • Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
  • Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia.
  • Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.
  • Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
  • Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
  • Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
  • Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
  • Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
  • Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
  • Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
  • Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
  • Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
  • Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
  • Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaanpercobaan tentang proses tersebut.
  • Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
  • Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
  • Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
  • Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Sumber: kisi-kisi ini diambil dari website kemendikbud.

Jumat, 16 Maret 2012

JADWAL UN SMP 2012


JADWAL PELAKSANAAN UN SMP/MTs, DAN SMPLB 2012

No.
Hari dan Tanggal
Jam
Mata Pelajaran
1.
UN: Senin, 23 April 2012
UN Susulan: Senin, 30 April 2012
08.00-10.00
Bahasa Indonesia
2.
UN: Selasa, 24 April 2012
UN Susulan: Selasa, 1 Mei 2012
08.00-10.00
Bahasa Inggris
3.
UN: Rabu, 25 April 2012
UN Susulan: Kamis, 3 Mei 2012
08.00-10.00
Matematika
4.
UN: Kamis, 26 April 2012
UN Susulan: Jumat, 4 Mei 2012
08.00-10.00
Ilmu Pengetahuan Alam