Selasa, 30 Oktober 2012

Bertanya Soal Hukum Dari Selingkuh Seorang Siswa MTs Dipukul Guru

Aksi kekerasan di sekolah kembali terjadi. Hanya gara-gara bertanya masalah hukum selingkuh seorang siswa malah dipukuli gurunya, Kamis (25/10/2012). Namun, kasus penganiayaan ini berakhir dengan cara kekeluargaan.

Korban Alfin Efendi siswa kelas 9 MTs PGRI Desa Gajah, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Kini korban dirawat di Puskesmas Desa Gajah karena luka memar di bagian mata kanan dan hidung.

Pelaku pemukulan adalah Samuri (41), guru Fiqih yang merangkap Wakasek di MTs PGRI tersebut. Kejadian  bermula saat jam pelajaran  Fiqih.  Saat itu guru memberikan kesempatan bertanya. Lalu ada siswa bertanya hukum selingkuh.

Entah kenapa guru Fiqih tersebut langsung marah dan memukul korban. Alfin yang dikonfirmasi Surya  (tribunnews group) mengaku kalau tidak tahu menahu penyebab ketika dirinya dipukul oleh gurunya.

“Saya tidak tahu. Saat itu ada teman  yang bertanya hukumnya selingkuh. Dikira yang saya tanya itu. Lalu saya terkena pukul pak guru,” ungkapnya.

Sementara Samuri ketika dikonfirmasi terkait pemukulan siswanya, mengaku kasus itu hanya karen ketidaksegajaan dan sudah berdamai. "Saat itu hanya ketidaksengajaan dan kami sudah berdamai atau diselasaikan dengan cara kekeluargaan antara kami, sekolah dan siswa serta orang tuanya,” ungkap Samuri.

Sementara Kapolsek Sambit AKP Waspodo ketika dimintai keterangan terkait pemukulan guru terhadap siswanya  di wilayah hukumnya mengaku  belum ada laporan.

Menurutnya awalnya korban tidak terima dan hendak dibawa ke Polsek. Namun sampai sekarang belum ada tindaklanjutnya.

“Sampai sore ini, saya tunggu di kantor belum ada laporan terkait pemukulan guru terhadap siswanya itu, mungkin sudah diselesaikan secara kekeluargaan oleh pihak sekolah. Kalau nanti akhirnya melaporkan ke sini kami beri tahu kelanjutannya,” tandasnya.

Sumber:  http://indonesiaku.lintas.me/go/brudoonews.com/bertanya-soal-hukum-dari-selingkuh-seorang-siswa-mts-dipukul-guru/

Kamis, 25 Oktober 2012

TIPS MEMBACA



MENINGKATKAN KECEPATAN MEMBACA

1.       Biasakan untuk membaca pada kelompok-kelompok kata. Hindari membaca kata demi kata. Bila ini kebiasaan ubahlah cara membaca itu dengan melihat suatu kalimat yang lebih tinggi dari kata, misalnya melihat frase demi frase. Dengan demikian dapat diperkecil jumlah aspek bacaan yang perlu dilihat.

2.       Jangan mengulang-ulang kalimat yang dibaca. Kebiasaan umum yang sering menghambat kecepatan membaca adalah bila kita selalu mengulang-ulang apa yang telah dibaca. Biasanya ini akibat tidak dapat memahami kata, frase atau kalimat yang baru dibaca. Kemudian kita mengulang, jelas ini memboroskan waktu.


3.       Jangan selalu menghentikan atau berhenti lama di awal baris atau kalimat. Ini akan memutuskan hubungan atau makna antar kalimat atau antar paragraf. Kita bisa lupa dengan apa yang baru dibaca. Berhentilah agak lama di akhir bab, sub bab atau bila ada judul baru.

4.       Cari kata kunci yang menjadi tanda awal dari adanya gagasan utama sebuah kalimat.


5.       Abaikan saja kata-kata tugas yang sifatnya berulang-ulang. Misalnya kata: yang, di, dari, pada, se dan sebagainya.

6.       Jika dalam penulisan bacaan itu dalam bentuk kolom-kolom kecil (seperti di surat kabar), arah gerak mata bukan ke samping secara horizontal tetapi ke bawah (vertikal). Arahkan pandangan bola mata itu ke bawah lurus.


PENGHAMBAT KECEPATAN MEMBACA

1.       Menyuarakan apa yang dibaca
2.       Membaca kata demi kata
3.       Membantu melihat/menelusuri baris-baris bacaan dengan alat-alat tertentu (ujung pensil, ujung jari)
4.       Menggerak-gerakkan kaki atau anggota tubuh yang lain
5.       Bergumam atau bersenandung
6.       Konsentrasi berpikir terpecah dengan hal-hal lain di luar bacaan
7.       Kebiasaan berhenti lama di awal bacaan, paragraf, sub-sub, bahkan di tengah-tengah kalimat
8.       Kebiasaan mengulang-ulang unit bacaan yang telah dibaca.

Kamis, 18 Oktober 2012

LATIHAN SOAL IPS SMP



Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan benar !

1. Hujan yang terjadi pada daerah pegunungan disebut juga sebagai hujan ....
a. orografis
b. frontal
c. zenithal
d. konveksi

2.Unsur gas yang paling besar pada atmosfer adalah ....
a. Oksigen
b. Nitrogen
c. Hidrogen
d. CO2

3. Peredaran semu tahunan matahari pengaruhnya terhadap Indonesia adalah ....
a. persebaran flora dan fauna
b. terbentuknya iklim tropis
c. terjadinya angin muson
d. persebaran jenis tanah

4. Pelaksanaan sensus yang dikenakan bagi mereka yang pada saat diadakan sensus benar-benar bertempat tinggal di daerah itu disebut sensus ....
a. de justice
b. de venture
c. de jure 
d. de facto

5. Terusan Suez menghubungkan antara ... .
a. Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik
b. Samudra Hindia dengan Laut Mediterania
c. Teluk Persia dengan Laut Mediterania
d. Laut Merah dengan Laut Tengah

6.Salah satu faktor yang menunjang, negara Jepang maju di bidang perikanan adalah perairan Jepang yang kaya ikan. Hal tersebut dikarenakan ... .
a. Jepang terletak di daerah lintang Utara
b. Jepang memiliki iklim yang bervariasi
c. adanya pertemuan arus hangat (Kurosyiwo) dan arus dingin (Oyasyiwo)
d. Jepang mempunyai teknologi pengolahan ikan yang canggih

7.Hutan sangat penting bagi kelestarian lingkungan, karena ....
a. hutan dapat dipulihkan kembali bila ditebang
b. hutan menjadi sumber mata pencaharian penduduk sekitarnya
c. sumber devisa bagi negara, karena dapat diekspor
d. hutan dapat mengatur tata air dan memengaruhi iklim

8.Kerajaan Pajang dipindahkan ke Mataram pada tahun 1586. Berakhirlah riwayat Pajang, dan berdiri Kerajaan Mataram yang bercorak Islam di Yogyakarta. Yang memindahkan Pajang ke Mataram adalah ....
a. Hadiwijaya
b. Raden Benowo
c. Sutawijaya
d. Ki Ageng Pemanahan

9.Konvensi London (Convenstion of London) berisi tentang ....
a. penyerahan pasukan Inggris kepada Prancis
b. kedudukan VOC diambil alih oleh pemerintah Belanda
c. Jansens menyerahkan kekuasaan kepada Inggris
d. hak Belanda menerima jajahannya kembali dari Inggris

10.Tugas utama Daendels di Indonesia adalah ....
a. menguasai seluruh Nusantara
b. menjajah wilayah Indonesia
c. mempertahankan Jawa dari Inggris
d. membuat jalan sepanjang ± 1.000 km

11. Secara khusus, Perang Dunia II di kawasan Eropa disebabkan oleh ... .
a. terbunuhnya putra mahkota Austria
b. serangan Jepang terhadap pangkalan Sekutu di Hawai
c. serangan Jerman terhadap kota Danzig di Polandia
d. politik mencari kawan di antara negara-negara Eropa

12. Penemuan-penemuan fosil manusia purba diketemukan di daerah-daerah berikut ini, kecuali ....
a. di Trinil, Ngawi
b. di Mojokerto
c. di Sangiran, tepi Bengawan Solo
d. di Madiun, tepi Kali Madiun

13.Dampak Perang Dunia II bagi Indonesia antara lain ... .
a. pergerakan nasional semakin radikal
b. Indonesia mulai dijajah Jepang
c. Belanda memberikan kemerdekaan kepada jajahannya
d. negara-negara imperialis memberi kemerdekaan kepada jajahannya

14.Latar belakang terjadinya pemberontakan DI/TII di Jawa Barat adalah ... .
a. kekecewaan terhadap hasil Perundingan Renville
b. tidak harmonisnya hubungan pusat dan daerah
c. ingin menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno
d. ambisi Kahar Muzakar menduduki kepemimpinan dalam APRIS

15.Tiga motor penggerak kekuatan Orde Baru adalah ... .
a. Golkar, militer, Presiden Soeharto
b. militer, Golkar, kaum cendekiawan
c. kaum cendekiawan, militer, PKI
d. kaum agama, Golkar, Presiden Soeharto

16.Hendra ingin menukarkan uang dollarnya sebesar US$ 5.000 menjadi uang rupiah. Kurs jual yang berlaku sebesar Rp9.100,00 dan kurs belinya Rp9.025,00. Besarnya uang rupiah yang diperoleh Hendra adalah ... .
a. Rp40.500.000,00 c. Rp45.500.000,00
b. Rp45.125.000,00 d. Rp85.127.500,00

17.Organisasi OPEC didirikan atas dasar ... .
a. perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi
b. persamaan kondisi geografis suatu negara
c. persamaan sumber daya alam
d. persamaan ideologi

18.Dalam kehidupannya, manusia dipandang sebagai homo economicus, artinya adalah ....
a. manusia mempunyai kebutuhan dan ingin memenuhinya sampai puas
b. manusia mempunyai kebutuhan hidup
c. manusia sebagai sumber tenaga kerja yang potensial
d. manusia berusaha memenuhi kebutuhan bersama-sama dengan manusia lain

19.Menurut sifatnya, kebutuhan manusia terdiri dari ....
a. kebutuhan primer, sekunder, dan tersier
b. kebutuhan sekarang dan masa depan
c. kebutuhan individu dan kolektif
d. kebutuhan jasmani dan rohani

20. Bunyi Hukum Permintaan adalah jika permintaan terhadap suatu barang ….
a. berkurang, maka harga akan naik
b. bertambah, maka harga akan turun
c. bertambah, maka harga akan tetap
d. bertambah, maka harga akan naik

Sabtu, 13 Oktober 2012

UN 2013 Tetap Digelar, 20 Variasi Soal Disiapkan

JakartaPemerintah tetap berencana menyelenggarakan Ujian Nasional tahun depan. Sejumlah perubahan dilakukan, salah satunya 20 variasi soal, berbeda dengan UN tahun 2012 yang memiliki lima variasi soal.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, secara legal yuridis pelaksanaan UN ada dasar undang-undang dan peraturan pemerintahnya. Kemudian dari sisi akademik sampai bentuk soal pilihan ganda juga ada dasarnya. “Insya Allah tahun depan UN tetap dilakukan, tetapi ada beberapa perubahan,” katanya saat memberikan keterangan pers di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (11/10).

Jika pada tahun ini hanya ada lima macam variasi soal untuk 20 peserta didik dalam satu kelas, maka pada tahun depan disiapkan 20 macam variasi soal. “Setiap peserta didik dalam satu kelas akan mengerjakan soal yang berbeda semua. Ini yang diuji kemampuan perseorangan, bukan kolektif. Kita ingin tingkatkan kekhusyukan peserta,” katanya.

Adapun terkait standar kelulusan, Mendikbud mengatakan, ada kemungkinan untuk meningkatkan dari 5,5 menjadi 6. Alternatif lainnya, standar nilainya tetap 5,5 tetapi derajat kesulitan soal ditingkatkan.  Pada tahun ini proporsi tingkat kesulitan soal adalah 10 persen mudah, 80 persen sedang, dan 10 persen sukar. Formulasi pada tahun depan kemungkinan menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar. “Masih belum, akan kami matangkan bersama dengan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Pemikiran untuk meningkatkan ada, dengan kemungkinan tingkat kesulitan,” katanya.

Mendikbud menambahkan, seleksi penerimaan calon mahasiswa baru pada tahun depan dibagi menjadi tiga jalur. Sebanyak 50 persen akan menggunakan jalur undangan, 30 persen jalur ujian tertulis, dan 20 persen jalur mandiri. Mendikbud menyebutkan, nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa IPB yang diterima melalui jalur undangan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan signifikan.  “Melalui jalur undangan,  yang dipakai untuk menentukan kelulusan adalah nilai UN dan rapor.”

Ketua BSNP Muhammad Aman Wirakartakusumah mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan kisi-kisi soal UN dan diharapkan selesai pada November mendatang. Menurut dia, kisi-kisi soal UN tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi soal tahun ini karena kisi-kisi tersebut dikembangkan dari standar isi. "Kisi-kisi hanya bersifat lebih operasional. Bank dari kisi-kisi sudah ada," katanya.

sumber:  http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/741

Kamis, 11 Oktober 2012

KURIKULUM BARU TAHUN 2013-2014


JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengkaji perubahan kurikulum pendidikan nasional yang rencananya akan diimplementasikan pada tahun ajaran 2013/2014. Sistem pembelajaran dalam kurikulum baru tersebut nantinya akan bersifat tematik.
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Musliar Kasim menilai, sistem pendidikan yang selama ini ada dinilai membosankan dan memberatkan siswa.
”Ke depan kita tidak akan membuat buku-buku pelajaran yang rumit, karena akan lebih ditekankan kepada konten. Pembelajaran akan bersifat tematik,” ungkap Musliar di Gedung Kemdikbud, kemarin.
Dia menjelaskan, kurikulum pendidikan nasional tidak akan pernah sempurna. Pasalnya, perkembangan pendidikan harus menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman.
 ”Kurikulum itu akan selalu dinamis sesuai dengan tuntunan zaman. Karena itu, kita akan mencoba tidak membebankan buku kepada siswa,” ungkapnya.
Makin Mudah
Menurutnya, dengan pendidikan bersifat tematik akan dapat mengembangkan tindak kompetensi penting, yakni perilaku, keterampilan, dan pengetahuan. Selain itu, pendidikan karakter akan lebih ditenkan pada jenjang pendidikan dasar.
”Pendidikan karakter akan lebih besar ditekankan pada jenjang sekolah dasar untuk pembentukan sikap. Diharapkan karakter itu sudah melekat sejak usia dini. Dengan demikian, karakter dan keilmuan akan mudah menyatu pada setiap siswa,” imbuh mantan rektor Universitas Andalas itu.
Perubahan kurikulum nantinya akan berimbas pada jumlah mata pelajaran yang selama ini diampu siswa.
”Nanti dengan kurikulum baru jumlah mata pelajaran akan berkurang dan pola pengajarannya akan semakin mudah. Sekarang ini terlalu banyak,” ungkap Musliar.
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti mengatakan, kurikulum merupakan poin penting dalam dunia pendidikan. Intinya, bagaimana menciptakan kurikulum pendidikan yang tidak membosankan dan membebani murid dan pengajar.
”Dengan konsep tematik akan semakin memberikan ruang gerak bagi siswa untuk mengekspresikan potensi-potensinya. Dengan demikian, dapat memberikan kekuatan bagi anak didik,” ujar Wiendu. (K32-37)
Kurikulum pendidikan yang baru akan mulai diterapkan pada tahun ajaran 2013/2014, ini merupakan rencana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam kurikulum baru ini lebih banyak melibatkan siswa dalam proses pengajarannya. Kurikulum yang baru akan banyak mengurangi mata pelajaran bagi siswa. Sehingga, di SD hanya akan ada empat mata pelajaran, SMP sebanyak tujuh mata pelajaran dan SMA sebanyak 10 mata pelajaran
Seperti dikatakan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Suyanto yang dikutip dari Kompas (02/10). Inilah 7 mata pelajaran yang akan diajarkan untuk siswa SD di kurikulum pendidikan baru 2013:
A. Nama Mata Pelajaran SD meliputi :
1. Pendidikan Agama
2. Bahasa Indonesia
3. PPKn
4. Matematika
5. Kesenian
6. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan
7. Pengetahuan Umum
B.Nama Mata pelajaran SMP meliputi
1.      Bahasa Indonesia
2.      PPKn
3.      Agama
4.      Matematika
5.      Bahasa Inggris
6.      Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
7.      Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Meski ada beberapa mata pelajaran yang tidak masuk dalam kurikulum yang baru, bukan berarti mata pelajaran tersebut dihilangkan. Namun, mata pelajaran tersebut akan diintegrasikan dengan mata pelajaran yang lain.
Sistem pembelajaran dalam kurikulum baru  nantinya akan bersifat tematik. Sehingga akan dapat mengembangkan tindak kompetensi penting, yakni perilaku, keterampilan, dan pengetahuan.
 
sumber: diolah dari berbagai sumber